Seorang teman perempuan di salah satu situs jejaring yang gw juga jadi anggotanya, hari ini mengangkat topik menarik mengenai betapa sulit dirinya melepaskan diri dari perselingkuhan. She’s engaged. Tapi dia masih kesusahan lepas dari selingkuhannya. Gw cuman bilang ke dia.. Alasan cinta, kemampuan membelah hati, rasa sayang tiba-tiba, bla bla bla, and so on.. Semua itu cuman excuse dan pencarian pembenaran untuk tujuan dasar naluri manusia: yaitu mengikuti hawa nafsu.

Secara sederhana (tapi banyak yang menolak realita ini), semua orang akan sampai di tahap dimana rasa dan keinginan untuk berintim-intim dengan pasangan tiba-tiba sirna. Dan sebagai manusia normal, dalam keadaan seperti itu kita masih punya nafsu yang harus disalurkan. Itulah lampu hijau pertama yang mungkin lebih dikenal dengan istilah flirting. Ngga kepikiran kemana arah selanjutnya, tapi kita sudah membuka diri, dan membuka hati. Mempersilahkan orang lain masuk dan berkata ke diri sendiri “Relax.. nothing’s gonna happen.. It’s just for fun.. We’re only friends..” Iya, untuk saat itu.. Lanjutkan dan gw bisa nebak apa yang akan terjadi berikutnya.

Apa lagi excuse yang lo punya?

Setelah “pasangan gw yang sekarang ngga merhatiin gw”  .. Atau, “cowo/cewe gw galak banget!” Atau mungkin yang paling laris: “Lah, laki gw juga affair kok!? .. Semuanya bullsh*t .. Bahkan alasan yang paling standar seperti “Ah, laki gw tuh ngga bisa ngertiin gw.. Kita beda minat, gw jadi ngga ada temen ngobrol..” semuanya belom dan tidak akan pernah bisa dijadikan alasan untuk kita ikutan menjadi bajingan, ya kan?

Kalaupun sudah tidak ada rasa, kenapa ngga bilang aja ke pasangan lo dan minta waktu pisah supaya lo bisa merenung dan menentukan sendiri apa yg lo mau.. Jadi orang jangan rakus lah, pilih salah satu, jalanin dan terima konsekuensinya.

Dan buat gw sendiri, gw ngga pernah percaya bahwa hati bisa terbelah.. Hati hanya bisa mencintai satu orang, dan kalo ternyata orang itu bukan pasangan kita, maka kita harus bicara terus terang kepada pasangan mengenai hal itu. Kalo kita ngga mau kehilangan pasangan yang ada sekarang, tapi juga kepengen terus menikmati hubungan gelap, itu namanya cinta lo sebenernya ke pasangan yang pertama, tapi lo ngga bisa nahan nafsu untuk menjadi greedy dan memangsa pria/wanita lain.. Itulah saat dimana sebagai manusia lo menjadi super duper extremely low human being..

* * *